Jualan Online Tanpa Modal dan Barang, Ya Dropship Aja

Jualan online

Dizaman yang serba canggih seperti sekarang ini, semua orang ingin melakukan segala sesuatunya dengan cepat, mudah tanpa menghabiskna waktu. Semakin pesatnya perkembangan dunia digital internet sehingga menumbuhkan peluang besar bagi pelaku bisnis salah satunya dibidang penjualan via online. Seperti yang kita tahu, saat ini telah banyak marketplace (toko online) yang sudah tidak asing lagi ditelinga, karena banyaknya toko online ini sehingga terjadi persaingan antar toko online dengan berbagai cara untuk menarik customer. Mereka bersaing dari segi produk, kualitas, harga serta yang paling membuat customer sangat senang berbelanja di toko online tersebut yaitu free ongkir. Nah….kata free ongkir ini lah salah satu magnet untuk mendapatkan banyak customer.

Beberapa toko online yang sudah ada saat ini yaitu Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, Shopee, dan JD.ID sudah memiliki tempat tersendiri dihati customer. Mereka menawarkan berbagai trik agar dapat dilirik, karena persaingan itu juga mereka belajar bagaimana menjadi besar seperti sekarang ini. Sudah bisa dibayangkan keuntungan yang didapat petinggi dimasing-masing toko online tersebut. Tidak mudah memperkenalkan toko online kita yang baru muncul kepada masyarakat, sangat sulit bagi pemula-pemula yang tidak bisa membuat promo besar-besaran agar dapat dikenal dan diingat. Perlu modal yang besar dan juga kerja sama yang baik antar rekan didalamnya agar membentuk manajemen yang baik dari berbagai sektor.

Dari penjelasan di atas para pemula bisnis online pasti langsung mikir dua kali untuk memulai bisnis ini, apalagi bagi yang tidak memiliki modal sama sekali “bagaimana bisa jualan kalau tidak punya barang“. Nah….jangan terlalu lama mikirin kalimat itu. Zaman sekarang sudah canggih jadi tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau berusaha. Pasti semua berpikir keras…Bagaimana ya ? jawabannya yaitu dengan cara dropship. Pernah dengar tapi tidak tau artinya atau tau artinya tapi tidak tau caranya. Tenang…..Saya akan sampaikan dulu pengertian dropship.

Dropship adalah sistem penjualan barang secara online dimana penjual tidak harus memiliki modal, stok barang sendiri ataupun proses pengiriman barang langsung ke pembeli. Orang atau penjual yang menggunakan sistem ini disebut dropshiper. Sistem dropship sangat membutuhkan supplier (pemasok barang), karena proses pengiriman barang menggunakan kemasan maupun kotak kepada pembeli akan dilakukan oleh supplier tetapi menggunakan nama toko online atau brand dari dropshiper langsung sehingga kredibilitas kita sebagai dropshipper tetap terjaga dengan baik.

Dropshiper akan memasarkan barang dari supplier secara online dengan cara mengupload foto-foto dari setiap barang yang ingin  dijual di website dan media sosial seperti Facebook dan Instagram. Selain itu, memasarkan barang bisa juga dilakukan melalui Whatsapp dengan cara kirim chat langsung berupa foto ke kontak-kontak yang ada dan dibeberapa grup yang kita ikuti di whatsapp. Jika ada pembeli yang memesan, maka dropshiper cukup meneruskannya pada supplier. Berikan data-data pembeli seperti nama, alamat, pesanan serta nomor telepon disertai pembayaran barang pada supplier. Supplier akan mengemas barang yang dibeli dan mengirimkan barang kepada konsumen atas nama toko online anda sebagai pengirimnya.

Setelah bercerita panjang kali lebar kali tinggi…hheee….

Saya akan mempersingkat beberapa hal yang menjadi kelebihan dari penjualan sistem dropship ini yaitu:

Tanpa Modal besar pastinya.
Praktis karena tidak perlu memikirkan stok barang ataupun pengiriman barang ke pembeli.
Dapat Dikerjakan Dimana Saja dan Kapan Saja yang perlu diingat paket kuota internet anda harus selalu ada.
Tanpa Mengeluarkan Biaya Operasional yang anda keluarkan hanya biaya pembelian kuota internet yang pastinya tidak besar.
Keuntungan Anda Yang Menentukan Sendiri karena harga dari supplier dapat anda naikkan sesuai keinginan anda.

Selain keuntungan ada hal yang perlu diketahui oleh dropshiper yaitu bagaimana cara memilih supplier yang tepat dan terpercaya agar barang yang kita jual terjamin kualitasnya dan pengiriman barang dalam keadaan baik sampai ditangan pembeli. Berdasarkan pengalaman saya sebagai dropshipper cara memilih supplier yang tepat dan terpercaya adalah:

Memilih supplier dari marketplace yang menerima system dropship seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shopee.
Lihatlah review pembeli dari setiap toko yang anda kunjungi di marketplace tersebut, dari situ anda dapat melihat pendapat mereka terhadap toko.
Lihatlah apakah toko tersebut memiliki tingkat penjualan dan jumlah point yang diperoleh dari marketplace tinggi atau rendah.
Carilah supplier yang menyediakan barang dengan harga murah agar dapat meninggikan harga barang saat dijual. Supplier dapat dicari melalui Google Search ataupun media social seperti facebook dan instagram.
Jika anda memiliki teman ataupun orang yang memiliki stok barang anda dapat bekertja sama agar lebih mudah memantau stok barang yang tersedia.

Hal penting !!!

Pengalaman saya saat memulai bisnis dropship, ada beberapa calon pembeli yang hanya bertanya-tanya saja dan tidak jadi membeli. Terkadang pertanyaan demi pertanyaan yang mereka ajukan akan menghabiskan waktu. Jika Anda ingin menjalankan bisnis dropship, maka persiapkan diri anda untuk menghadapi hal-hal seperti ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *